Jun 14, 2006

friendster, communication, and.... indonesian...

Kembaliiii lagiiii!!!
Sebagai bukti betapa gue tak ada kerjaan di pagi hari ini, maka dengan ini gue resmikan postingan ketiga gue dalam tiga hari ini!!
(GOOOONGGGG….!*suara gong is on*)

hm.. topic kita kali ini adalah (duh.. udah kayak talkshow) FRIENDSTER!
Iyah… FRIENDSTER dan bukannya FRIENDASTER. Soalnya waktu itu gue pernah salah ngetik alamat, eh taunya ada aja dunk situs bernama friendaster. Isinya juga semacam situs pertemanan gitu. Hah, bukan itu yang mau gue bahas!

Jadi, alkisah jaman dahulu kala (yah… kira2 24 jam yang lalu…) gue membulatkan tekad untuk ‘membersihkan’ friendster gue dari orang2 yang tidak gue kenal.
Ceritanya gue mau membuat friendster gue menjadi PRIVATE. Jadi orang2 yang gue bahkan ga tau asal-usulnya, merasa tidak pernah berkomunikasi, gue CUT alias DELETE dari friends list. Mau dia satu kampus kek, satu sma kek, satu smp kek (secara yah *diucapkan dengan gaya gaul ala jakarta*, satu angkatan di smp gue ada 500 sekian orang gitu loohh..), satu sd kek, satu pengajian kek, satu madrasah, kalo gue ga merasa pernah kenal, tau dan berkomunikasi, yah gue delete ajah…

Sebenernya kegiatan pembasmian ini udah pernah berlangsung beberapa tahap sebelumnya. Tapi belum pernah sampai tuntas. Barulah kemarin, JRENGJRENGGGG selesai sudah misi yang satu ituu!! Jadi sekarang lo mau tunjuk yang mana aja yang ada di friendlist gue, pasti gue kenal!! Hahaha…

Kemarin gue men-delete sekitar 25 orang. Kalo ditotal2 sama yang tahap2 sebelumnya, keseluruhan ‘korban’ mungkin mencapai 100 orang lebih.
Halah, bayangkan lah berapa duit yang terbuang untuk melaksanakan proses itu. Gue jadi terheran2 sendiri, buat apa pula gue mengapprove sekian banyak orang yang ga gue kenal??

Nah, siap2 yah… cerita akan sedikit berbelok.. coba temukan hubungannya… (eits, serius ini!!)

Jadi, akhirnya kemarin malam gue ikut sebuah workshop komunikasi. Di workshop itu, melalui proses tertentu, peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang mewakili 4 kelompok besar tipe manusia dalam berkomunikasi di dunia.


Kelompok 1 : CONTROLLER. Artinya tukang control (nenek2 juga tau!). dominant, senang pada kekuasaan, terfokus pada hasil dan lain2 (haaa,,, kalo mau tau banyak mesti ikut workshopnya duluuu).

Kelompok 2 : PROMOTOR. Senang jadi pusat perhatian, dominant, passionate, dll.

Kelompok 3 : ANALYZER. Senang menganalisa dan melihat segala sesuatu dari sisi logis tidaknya, banyak berpikir, teliti, dll.

Kelompok 4 : SUPPORTER. Terfokus pada hubungan dengan orang2, mau melakukan apa saja untuk menyenangkan orang lain, ga enakan sama orang lain, etc.


Yaaah, bisa ditebak ga mayoritas orang Indonesia masuk kelompok yang mana?
Definitely, supporter. (hahaha… tapi gue ga masuk kelompok ituu!!).
Salah satu sifatnya adalah, seorang supporter akan berkata “iya” biarpun sebenarnya mereka tidak setuju.
Kenapa? Ya, karena mereka selalu pengen menyenangkan orang lain dan paling takut kalo hubungannya dengan orang lain rusak.


Nah, kembali ke soal friendster.
Kenapa waktu itu gue mau aja mengapprove 100 sekian orang yang ga gue kenal??
Karena, meskipun gue bukan termasuk golongan supporter, gue tetap orang Indonesia.

7 comments:

  1. (GOOOONGGGG….!*suara gong is on*) >> LOL!!

    emang mesti gitu min. gw juga ikut fs uda lama tapi account gw tetep satu dan jumlah temen gw juga malah makin dikit 382, padahal dulu sempet 400 tapi ga pernah bikin 2 acc.

    tapi jangan delete berdasarkan aktif atau engganya aja. banyak juga kan yg temen lama tapi ga aktif ber internet. tapi contact ama mereka tetep perlu.. mungkin.

    gw lebih suka mendelete orang yg tidak dikenal atau "gagal berkenalan", soalnya setiap ada orang add gw (yg gw ga kenal) biasanya ya gw approve dulu (asal ga mencurigakan) biasanya gw kasi "bonus" testi atau msg lah. klo dia ga bales setelah berapa lama, "delete". klo dia bales, dengan ramah, yaa gw akan coba tahan.

    yang harus wajib mesti kudu di delete, ya account2 ga jelas yg hanya mengejar sensasi semata such as : "Band AAA" , "radio BBB", "perkumpulan CCC".

    min banyak banget gw commentnya!!!

    oya klo masalah orang Indo itu kebanyakan SUPPORTER, bukannya gara2 sikap toleransi, tenggang rasa?

    ReplyDelete
  2. iyah, yang gue delete juga yang ga gue kenal n ga pernah komunikasi apapun gituuuhh...

    kalo gue ngirim testi cuman buat orang2 yang udah gue bener2 kenal doang. bukan yang cuma sapa2 gituh.. hehehe... soalnya kalo ga kenal banget juga bingung mau ng-testi apaan..

    iya mungkin, karena toleransinya. karena orang2 diajarin ppkn..
    gue juga ga bilang ini baik atau buruk aja kok. ini kan cuma sebuah sifat. hahaha...

    ReplyDelete
  3. banyak bet postingan barunya..
    kalo gua masuk golongan mana min?
    *ga bisa menentukan sendiri*

    gua pernah tuh mau 'membersihkan' friendster. tapi baru ngapusin sehari, udah males. trus gak diapa2in lagi smp sekarang..

    ReplyDelete
  4. NJB, semangat di awal. Hahaha.

    *NJB : Namanya juga Batari.

    Ah Min, ngaku aja deh, lo juga biarpun sedikit pernah kan mencoba jadi supporter?

    [Gua masuk tipe mana?]

    ReplyDelete
  5. Oh, hari ini tiada posting baru Min?

    Kalo aja lo posting tiap hari berturut2 selama satu minggu, rencananya bakal gua kasih penghargaan....

    ReplyDelete
  6. haha... tiap orang pasti punya 4 sifat itu. cuma yang mana aja yang lebih dominan... hoho..

    kalo batariii... apa yah??
    hehe, ntar juga lo tau sendiri. no comment lah!

    NJB? hahaha, apa lagi sifat NJB yang lain??

    ReplyDelete
  7. Bukannya pamer, tapi bahasan komunikasi kayak gini di SR jadi mata kuliah dan gw males-malesan ngikutinnya tapi dapet A hahaha!!!

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...