Dec 1, 2010

Hemat, Titik!

Setelah menggelimangi diri dengan berbagai kemewahan, termasuk sesi jalan-jalan ke Singapore serta belanja belanjinya bulan lalu, juga bela-beli berbagai pernak pernik hidup, tibalah saat saya menuai apa yang telah saya tebar. Miris sekali rasanya melihat balance pada tabungan saya Jumat lalu. Rasanya ingin nangis sambil ndodok di pantai.

Untunglaaah, Jumat sorenya gaji saya masuk berikut reimbursement dari kantor. Pun, tetap saja the damage was too serious, it couldn't be fixed.

Mulailah masa mengencangkan ikat pinggang.
Masalahnya, I'm not good at following the budget. Sudah rapi-rapi budget bulanan saya susun sejak sekian waktu yang lalu. Entah mengapa tiap bulannya saya selalu menemukan alasan untuk melanggar beberapa rambu.

"Ah, ini kan pengeluaran sekali dalam setahun. Gakpapa lah ya"
Herannya kalimat ini keluar tiap bulan.

"Eh, kemarin kan sudah hemat sekian, berarti sekarang bisa pakai lebih sekian"
Ujung-ujungnya yang saya hemat tetap lebih rendah dari yang saya lebihkan.

So, I'm not good at following my budget.
Cara berhemat yang selama ini sukses buat saya adalah berhemat, titik.
Saya tidak memikirkan tinggal sisa berapa uang bulan ini, atau sudah berapa yang saya habiskan. Pokoknya di setiap kesempatan saya harus ekonomis, pilih alternatif paling hemat.
Karena kalau saya sih, ketika saya mulai menghitung jumlah penghematan saya, akan muncul keinginan untuk menghadiahi diri. Yang manaaa, ujung-ujungnya si hadiah ini lebih besar dari nilai penghematan.

It's kinda ironic, I think. I mean, I am paid for being Planning Analyst while in my actual personal life, I am not very much a good planner. Well, I don't know if I am a good planner or not, but I am not a good executor. :P


9 comments:

  1. Anonymous9:35 AM

    haha, jadi inget zamannya jofa deh.

    ReplyDelete
  2. ada apa nih gw dibawa-bawa? :-?

    btw,tetepnya ya min nangisnya musti di pantai. gak bisa di kamar aja gitu biar hemat :p

    ReplyDelete
  3. perasaan tadi gw udah ngepost komen kok ilang yaaaa -_-

    kenapa tiba" jadi ada gw ray? :-?

    ReplyDelete
  4. sok2 kasi tips ya yasmin.. :p

    - di awal bulan, list kebutuhan2 yg pasti
    - termasuk pos tabungan --> MUSTI, HARUS, WAJIB dipotong di awal
    - trus sisanya, baru dibagi untuk jatah per hari
    - kalo misalnya hari ini lebih dari jatahnya, otomatis di excelnya jatah per hari untuk besok2nya bakal berkurang
    - biasanya tips ini mayan ampuh si.. :p

    SMANGATTTTT.. :D

    ReplyDelete
  5. zaman gw kenapa ray? :-?

    klo mau hemat emang jangan di plan jangka panjang min,nanti malah kebanyakan itung"an. intinya setiap hari musti berhemat

    ReplyDelete
  6. @ray: kenapa jamannya jofa, Ray?

    @ita: sudah pernah coba yang kayak gitu... hihi. kayaknya gue kurang keras kali ya kemauannya. :P

    ReplyDelete
  7. yasmin, aku punya award buat kamu, hehe..
    isengiseng berhadiah.. :p
    cek di blogku yaa.. :D

    ReplyDelete
  8. @ita: KYAAAAAA....
    *meluncur ke TKP

    ReplyDelete
  9. gw juga susah banget nabung:( kecuali ada yg bener2 diinginkan, baru bisa nahan lapar *duit habis di minjem buku sama beli cmilan sih :D*

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...