Dec 9, 2007

Bapak & Michael Buble

Akhir akhir ini saya suka sekali sama lagu Home yang dibawakan Michael Buble.
Entah kenapa.
Saking sukanya, saya hanya memasang satu lagu itu di playlist, sehingga saya bisa mendengarkannya berulang kali. Dari yang awalnya saya hanya ngeh bagian "let me go homee...", lama-lama jadi mengerti satu isi lagu itu.
Lalu, entah kenapa, saya jadi ingat Bapak yang saat ini bekerja di Addis Ababa, Ethiopia nun jauh disana (untuk Nadya yang nilai geografi nya 0 : Ethiopia itu di Afrika.).
Jangan bayangkan Addis Ababa itu daerah perang ya. Soalnya Addis Ababa yang merupakan ibu kotanya Ethiopia itu (menurut Bapak saya) adalah kota paling aman di Afrika. Mengalahkan Cape Town-nya Afrika Selatan.
Ini kalau saya perhatikan, terkait dengan sifat penduduknya yang sangat religius. Jadi, di Addis Ababa itu (entah apakah ini juga berlaku untuk seluruh Afrika), agama mayoritas adalah Kristen Ortodox. Dan agama ini, sangat setia dianut oleh para penduduk Addis Ababa. Bahkan, ketika suatu saat saya naik taxi, setiap kali taxi tersebut melewati gereja, si supir taxi akan langsung komat-kamit membaca doa dan diakhiri dengan membuat salib dengan gerakan tangannya (ngerti kan maksudnya?).
Jangan juga bayangkan Addis Ababa itu panas. Karena, Addis Ababa terletak di ketinggian 2500 meter di atas permukaan laut. Sebelum merasakan sendiri, saya juga tidak percaya. Tapi nyatanya, waktu saya kesana Juni kemarin, Addis Ababa jauh lebih dingin daripada Bandung.
Bandaranya pun tidak kalah canggih. Tapi kalau soal yang satu ini memang karena bandara yang ada di Addis Ababa itu (yang mana saya lupa namanya) memang pemberian dari Italia. Jadi standarnya pun standar Eropa.
Tapi sayangnya, infrastruktur yang oke punya itu melompong di dalam. Jadi di dalam bandara
itu banyak ruang nggak terpakai.
Sama juga dengan jalan rayanya. Biarpun jalan rayanya besar-besar, bahkan ada jalan layang juga, tapi mobil yang wira-wiri jarang sekali. Beda banget sama Jakarta.
Mobil yang ada pun kebanyakan mobil-mobil (supeer) tua. Mungkin keluaran tahun 70 atau 80 an.
Menurut Bapak saya, satu hal yang menyenangkan tinggal di Addis Ababa adalah karena living cost disana murah. Mata uang Ethiopia adalah Birr dan satu Birr sama dengan seribu rupiah. Untuk naik angkutan umum, cukup bayar setengah Birr atau 500 Rupiah saja!
Taxi? Dengan 50 Birr, Anda bisa carter taxi itu seharian!
Tapi, kalau jalan-jalan kesana mesti hati-hati. Soalnya, 25% penduduknya terinfeksi HIV. Bahkan ada survey yang bilang, setiap orang disana pasti punya minimal satu orang anggota keluarganya yang terinfeksi HIV. Ckckck.
Eh, kenapa jadi nglantur ngomongin Addis Ababa ya?
Jadi kembali lagi ke lagu Home nya Michael Buble. Mendengarkan lagu itu, membuat saya mengerti ketika Bapak bilang sering kangen rumah. Bapak pernah bilang, kalaupun nanti tempat kerjanya dipindah ke Eropa atau manapun, Beliau pasti akan tetap ingin pulang dan menghabiskan masa tuanya di Indonesia.
Ketika itu saya tidak mengerti. Kenapa? Bukankah enak tinggal di luar negeri?
Waktu itu beliau menjawab, "Memang benar kata orang, lebih enak hujan batu di negeri sendiri daripada hujan uang di negeri orang".
Kalau saya pikir-pikir lagi, mungkin Beliau kesepian. Tidak ada kami, lalu apa yang Beliau lakukan sepulang kerja? Apa yang meringankan langkahnya bila Beliau tahu hanya ada kamar kosong yang menunggunya?
Saya jadi merasa berdosa tidak selalu membalas emailnya hanya karena alasan sibuk. Padahal hanya butuh waktu 10 menit untuk membaca dan membalas emailnya.
Terlebih lagi saya merasa berdosa karena saya tahu, Beliau melakukan itu untuk keluarganya disini.

And I’m surrounded by
A million people
I Still feel all alone
Oh, let me go home
Oh, I miss you, you know
Is that how you feel, Pak?
Huff...

14 comments:

  1. kalo lagi jauh, rasanya jadi dua kali lipat lebih sayang sama orang2 yang di rumah..

    ReplyDelete
  2. yang di rumah apa yang di jakarta post baat?
    hehe.

    ReplyDelete
  3. Anonymous9:50 AM

    yang di Jakarta post juga lah ya, Bat. hihi.

    ReplyDelete
  4. Batari juga mesti sering-sering denger lagu "Home" ini nih biar cepet pulang... Huhu.

    ReplyDelete
  5. Tapi, kalau jalan-jalan kesana mesti hati-hati. Soalnya, 25% penduduknya terinfeksi HIV.

    tanya..tanya..
    emangnya dengan jalan jalan kita bisa terinfeksi HIV???
    jalan-jalan kemana nieh???
    hohoho....

    ReplyDelete
  6. lagu Home itu memang the best..
    hiiihihi

    ReplyDelete
  7. Anonymous10:11 PM

    hahaha bener tuh..
    masa jalan-jalan ktularan HIV??
    jalan-jalan apa jajan-jajan??

    ReplyDelete
  8. knapa "kelebihan gua mesti diumbar dipostingan ini?????!!!!!

    hohoho...,memang lagu itu bikiiin...
    ahhhhhuuuuhuhuhuhuuuuu....;(((

    ReplyDelete
  9. Anonymous12:49 PM

    jadi ingat cerita sepupu gw..ge kerja di singapura. waktu benerin mobil, teknisiny gk ada basa-basi, beda ma di indonesia yang minimal nanya "mobilnya kenapa?"

    kata dia, hal-hal seperti itu aja udah buat kangen negeri sendiri, apalagi keluarga...

    ReplyDelete
  10. Anonymous9:34 PM

    Hmmm kalau anda ud ngerasain KP di pulau seberang satu setengah bulan lamanya min... lagu home ud jadi lagu wajib kali... hahaha. Home nya chris daughtry jg tuh buat pelepas rindu sama rumah... hahaha

    ReplyDelete
  11. Anonymous9:34 PM

    Hmmm kalau anda ud ngerasain KP di pulau seberang satu setengah bulan lamanya min... lagu home ud jadi lagu wajib kali... hahaha. Home nya chris daughtry jg tuh buat pelepas rindu sama rumah... hahaha

    ReplyDelete
  12. Anonymous11:46 PM

    wew
    baru tau ada blog ini
    hehe, ya iyalah orang gw kagak pernah ngeblog
    but, nice post,
    bapak gw juga di arab sana udah 2 taon min, tapi dia senang melakukan pekerjaannya di sana, gw di sini juga ikut senang
    good luck

    -aim-

    ReplyDelete
  13. gio : wah, sedih juga ya. hehe.
    kadang2 memang sesuatu itu harus lepas dulu dari tangan kita, baru deh bisa terasa 'keberadaannya'

    anonymous : maksudnya di batam qi?? ehehe. kangen sama siapa emangnya?? haha.

    aim : makasih im. hehe. betah juga bokap lo 2 tahun. ga pake pulang2 ke indonesia tuh?

    ReplyDelete
  14. Anonymous10:45 AM

    alhamd kagak pake pulang2 min
    hehehe
    maret ini balik tapi, abang gw wisuda
    good luck

    -aim-

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...