Aug 4, 2010

Elephant in the Room

Pertama kali saya mendengar istilah elephant in the room adalah ketika saya membaca buku Last Lecture dari Randy Pausch (a great book, btw). Dalam bab-bab pertama di bukunya, Randy Pausch mengatakan "when there's elephant in the room, introduce him".
Let's see what elephant in the room means. Menurut wikipedia, itu adalah sebuah idiom yang digunakan ketika ada sebuah persoalan serius yang enggan didiskusikan oleh orang-orang.
Situs lain mengartikannya sebagai sebuah masalah yang keberadaannya disadari oleh semua orang namun tidak dibahas karena dirasa akan membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Contoh sederhananya begini. Andaikan Anda pergi dengan 4 orang teman Anda. Di tengah acara, salah seorang teman Anda pergi menelepon pacarnya dan ketika kembali matanya sudah sembab dan rupanya berantakan. Anda dan 3 orang yang lain tahu pasti, teman Anda ini tentunya habis bertengkar sengit dengan pacarnya. Namun, Anda dan yang lainnya memutuskan tidak membahas masalah tersebut karena tidak ingin membuat suasana menjadi tidak enak. Paling-paling Anda hanya saling lirak-lirik dengan 3 orang yang lain tanpa membuat suara.


Itulah mengapa disebut elephant in the room. Keberadaannya jelas dirasakan semua orang, tapi juga berusaha diabaikan. Ketimbang pura-pura menganggap si gajah tidak ada, Pausch justru menyarankan untuk memperkenalkan sang gajah. Introduce it then get over it.

Di ajang Indonesian Idol tahun ini, Agnes Monica menjadi salah satu juri sementara Daniel menjadi presenternya. Dulunya, mereka berdua pernah dekat kan. Tapi mereka berdua menyikapi itu dengan pintar. Ketimbang disentil-sentil orang lain soal masa lalu, mereka justru lebih dulu menjadikan hal itu sebagai guyonan umum. Jadi tidak ada atmosfer nggak enakan disitu.

Introducing the elephant bisa juga begini.
Yes, I failed the exam and I was furious about it but now I just want to watch a movie and have some fun. Mungkin kira-kira seperti itu.
Atau ini. Yes, I was mad at you because you were not keeping your promise. Please don't do that again. Now let's go and have fun.

Masalahnya adalah sungguh tidak mudah untuk bisa bersikap selugas itu. Setidaknya menurut saya itu tidak mudah. Apalagi kalau tidak terbiasa. Sometimes we just hope that the problem will somehow go away and everyone will forget that it ever exist. Ayo yang suka diam-diam berharap begitu, ngacuuuung....
Fufufufufufu.

Padahal berpura-pura tidak melihat si gajah pun bukan hal yang mudah. Rasanya seperti bermain peran dimana kita diharuskan mengabaikan keberadaan kru-kru lain selain lawan main kita.

Entah mana yang lebih baik. Mungkin mesti dilihat-lihat dulu juga ya lawan main kita itu seperti apa. Menurut Anda lebih baik yang mana?


6 comments:

  1. Anonymous9:34 AM

    Actually..there are bigger creature in our room.
    It is Dinosaurus, Brontosaurus, Tyronosaurus etc etc..

    btw, your tandem : Nicholas just knock out from our room
    I've told him so (at first he insisted will stay)
    but finally........ couldn't take it anymore :(

    hello Yasmin How r U ?

    WAHYU DARMAYANI
    (Still in the room with some T-REXs !!)

    ReplyDelete
  2. nice post.. (as usual) :)

    mgkin diliat2 dulu, kalo statusnya sama (sama2 teman, sama2 seumur, sama2 blue collar, dsb) bisa dipake..

    tp klo beda "kasta", agak susah kali ya.. mgkn yg paling "tinggi" yg harus inisiatif introduce the elephant tadi.. :p

    ReplyDelete
  3. @bat: nah ya batariii... *padahal gue termasuk yang ikut ngacung

    @pak wahyu: halo Pak! Baik saya disini :)
    wah sayang ya Nico cuma sebentar banget dong disana. Hehehe.

    @ita: iya ya Ta? kadang2 biarpun sama temen sendiri juga gue tetep merasa sungkan banget. Hehehe.
    yang punya masalah kayaknya harus jadi pihak introducer nya kali ya?

    ReplyDelete
  4. ow ow, the right post in the right place at the right time.
    *berdiri* *tepuk tangan*
    *pulang* *bikin pengakuan dosa*

    ReplyDelete
  5. @dinov: nah yaa.. apa nih apa nihh? ihihi *gosip mode on

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...