Nov 29, 2009

The Heroes

Pagi itu saya sendirian di rumah, padahal hari itu tanggal merah. Tumben-tumben Jakarta dingin. Perlulah dirayakan dengan bermalas-malasan sedikit lebih lama. Hehe.

Pindah-pindah channel TV, lalu saya tertambat di CNN gara-gara ada Barney dari How I Met Your Mother (HIMYM). Saya bukan penggemar HIMYM sih, tapi kayanya semua orang di sekitar saya menggilai tv series ini. Malah saya pernah dipaksa nonton beberapa episode sama seorang teman. Pokoknya, meski bukan penggemar, tapi saya tahulah si Barney ini (siapa sih nama aslinya?).

Tapi Barney tidak sedang berakting tolol di HIMYM (secara itu di CNN...) melainkan sedang membacakan award di acara CNN Heroes. Saya pernah dengar acara ini, tapi belum pernah menonton dan tidak begitu mengerti apa isinya. Briefly, CNN Heroes adalah ajang penghargaan bagi para hero lokal di masing-masing komunitasnya. Tiap tahun terpilih 10 finalis, dan pada malam penghargaan tersebut, dinobatkanlah satu orang menjadi Hero of The Year. Finalisnya datang dari berbagai negara di berbagai bidang kemanusiaan.

And there I was, speechless and stunned. Rasanya mau nangis saja sepanjang acara itu. Entahlah karena apa. Terlalu banyak alasannya.
Misalnya saja, para hero ini umumnya datang dari latar belakang yang tidak lebih 'beruntung' dari saya. Bahkan ada wanita dari Zimbabwe yang pernah jadi korban perkosaan.
Tapi trauma atau kondisi ekonomi yang terbatas, nyatanya bukan penghalang untuk berbuat lebih bagi orang lain. Simak kisah supir bis sekolah ini yang mampu menyediakan makanan bagi para tunawisma di daerahnya.
Ada juga orang Indonesia lho, pilot yang mendedikasikan dirinya menjadi Ayah bagi 48 anak miskin dan yatim piatu.

Dari yang saya tangkap, umumnya para hero ini memulai kegiatannya begitu saja. Tidak pakai lama-lama bikin organisasi, tetapkan ketua, rumuskan program-program sophisticated dan segala macam. Pokoknya apa yang mereka rasa harus diperbaiki, ya diperbaiki. Lambat laun, mulai lah orang-orang lain ikut bergabung dan barulah tercipta komunitas atau organisasinya.

God bless those people!
Sementara saya cuma terkagum-kagum sambil menahan air mata dan perih yang menjalari hidung.

Mungkin saya satu dari sekian banyak orang yang bercita-cita ingin dapat berbuat sesuatu bagi orang lain tapi ujung-ujungnya cita-cita itu hanya digantung saja di langit-langit rumah dan diingat hanya ketika ingin. Dan ketika ingin itu tiba, sibuklah kami mencari-cari apa ya kegiatan yang pantas? Siapa ya yang bisa ditolong? Maka kami memilih milih siapa yang ingin ditolong. Padahal kan pertolongan itu untuk siapa pun yang butuh, bukan?
Lalu esoknya, aktivitas bergulir kembali dan cita-cita pun kembali digantung.

Anyway, kembali ke CNN Heroes, yang akhirnya menjadi Hero of The Year adalah orang Filipina yang membaktikan dirinya mengajar anak-anak kurang mampu yang bila dibiarkan akan menjadi anggota gang di kemudian hari.
And guess how old is he?
28.

Awesome.

3 comments:

  1. gw juga nonton & very touched..semoga kita juga bisa gt ya :)

    ReplyDelete
  2. hmm.. memang sgalanya harus dimulai SEKARANG juga..

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...