Nov 11, 2005

tentang punya anak [dan kebohongan]

“gue pengen punya anak”

Kadang2 kata2 itu terlontar begitu saja kalo ngliat ada anak kecil yang lucu n nggemesin.
Hah, emangnya gampang ngurus apalagi ngdidik anak?

Jadi ibu [baca: orang tua] ternyata lebih dari sekedar mandiin, nyuapin makan, nemenin main, meninabobokan, atau bersihin kotorannya [sebenernya ini pun ga gampang]. Ada yang lebih susah lagi daripada itu.
Ngajarin ngomong, ngajarin tentang warna n benda2 di sekitarnya, ngajarin cara berinteraksi sama lngkungan dan orang lain, sampai ngajarin gimana cara bertahan diri ketika ada anak lain yang menindas.

Ceritanya masih di Solo. Gue lagi main sama adek kecil gue yang baru berumur 2,5 tahun. Lalu dia nanya “ini apa?”, sambil ngacungin jari jempolnya.
“itu jari, sayang”
“ini apa?”, sekarang dia ngacungin jari kelingkingnya.
Lalu gue sadar kalo ternyata dia belum tahu tentang nama2 jari. Jadilah gue demonstrasikan masing2 jari berikut nama dan ciri2nya.
Jempol itu yang gendut..
Kelingking itu yang paling kecil..
Dst.

Tiap kali gue sebut nama satu jari, gue suruh dia untuk ngulangin apa yang gue bilang.
Setelah selesai semua, gue coba ngtes dia. Gue acungin jari kelingking dan minta dia sebutin namanya. Diam sebentar. Lalu dia ketawa. Lalu dia lari2 nyari mobil2annya.

...

Ada lagi tugas berat yang lain : ga boleh bohong sama anaknya.

Gue inget banget, waktu gue kecil gue sering disuapin sama tante gue. Karena dulu gue males makan, kalo lagi disuapin gue sering sambil tidur2an. Mungkin tante gue udah capek, sampe akhirnya dia bilang “Yas, kalo makannya sambil tiduran nanti kamu jadi ular lho!”. Setelah itu gue ga pernah makan sambil tiduran lagi.
Selama beberapa tahun gue hidup dengan sebuah kepercayaan kalo manusia bisa berubah jadi ular kalo makan sambil tiduran.

Dalam perjalanan balik ke Jakarta kemaren, adek gue ini [yang ngfans berat sama Peter Pan] maksa pengen diputerin CD peter pan di mobil. Bokap gue yang lagi nyetir, dan mungkin capek, dan kayaknya ga gitu doyan sama peter pan spontan bilang, “CD nya lagi capek. Mau tidur dulu, mau makan dulu”.
Pernyataannya itu menuai protes dari gue, nyokap, n adek gue yang cewek.
“anak kecil jangan dibo’ongin Pak!”, kata nyokap gue. Akhirnya bokap gue ngjelasin ke adek kecil gue yang telanjur percaya kalo CD player itu bisa makan dan tidur, kalo apa yang barusan dia bilang itu ga bener.

Sebenernya kejadian serupa juga pernah terjadi sebelumnya. Di rumah nenek gue di Solo, [celakanya] tante gue nyimpen VCD kumpulan klip2 Peter Pan. Awalnya sih seneng2 aja ngliat adek kecil gue nonton dengan semangat. Lama2 kalo lagi nonton tv si adek tiba2 ngrengek pengen nonton Peter Pan.
Yasuwdahlah, di suatu siang yang sangat gerah ketika adek gue minta diputerin VCD peter pan, akhirnya gue bilang, “Peter Pan nya capek. Mau bobo dulu”. Adek kecil gue yang lugu itu pun percaya.
Eh, tapi itu ga bohong lho. Peter Pan kan emang bisa capek dan mungkin banget saat itu mereka lagi tidur setelah show di suatu kota entah dimana. Beda sama CD player yang jelas2 ga mungkin kenal istilah capek apalagi makan n tidur.
Hahahaha…. Iya kan..??

[oke, ini udah cukup menyimpang dari topic awal]

11 comments:

  1. hahaha. kocak min. ngomongin anak-anak, jadi inget kelompok belalang yang di wisma putra.

    apa kabar ya mereka?

    ReplyDelete
  2. jangan mau punya anak,
    Min,
    nyusahin...

    ReplyDelete
  3. Min..tapi setelah ntn legend of Zorro gua pgn punya anak cowo. (ga nyambung ya komen gua).

    Btw, yang mereka inget biasanya yang pertama kali diajarin. Those kids call me "Ibu", disuruh manggil "kakak" aja susah banget:( Gua aja sampe SD masih percaya kalo power ranger itu beneran.Hahah..

    ReplyDelete
  4. yaa.. sbenernya "kebohongan" itu cuma jalan pintas aja biar kita ga usah capek2 ngomong,
    emang kalo ngadepin anak kecil ya mesti sabarrr..
    eh, daripada bokap lo bilang "CD nya lagi capek. Mau tidur dulu, mau makan dulu"
    kenapa ga bilang aja:
    "klo denger Peter pan mobilnya ga bisa jalan, soalnya supirnya 'mogok'"
    hehe

    ReplyDelete
  5. Dulu kalo gua nggak ngabisin makanan, dibilanginnya "ntar nasinya nangis".

    Gua sih nggak percaya sama sekali waktu itu. Tapi ya gua turutin aja lah, kasian orang udah capek2 berbohong.

    Jon, susah mana sama bikinnya? :p

    ReplyDelete
  6. layoutnya kan tinggal di-upload aja min.. ada di laptopnya ikram. gw gatau kapan bisa ke boul lagi.. sibuk biasa. hoho.

    ReplyDelete
  7. yasmiiiinnn...blog lo gw link yak..

    ReplyDelete
  8. Emang, "Bapak"nya udah ketemu ya Min? Uuupss....

    ReplyDelete
  9. Yas gw nanya ke Dito kata Dito ke Ani, kata Ani ke Aji, trus kata Aji ke elo bayar kaos Morebucks L lengan panjang tuk cewek yg gw ambil. Diskon ya?

    Yas, klo lu pengen punya anak, lu harus bisa nyentil sedotan yang dililit, ampe putus. Ntar melahirkannya lancar...

    Eh blog lu gw link ya.

    ReplyDelete
  10. Anonymous12:12 AM

    dasarnya emang naluri manusia buat berkembang biak...kadang, bikinnya seneng, ngerawatnya yang bingung..siap bangun tiap malem, kalo si anak rewel, siap mental, dan yang penting sabar : ) sebenernya cewe itu dikaruniai sebuah kepentingan besar loh, dalam hal ini sebagai ibu yah..secara psikologis, kalo ibu masih bisa bikin senyum anaknya (walau dia udah segede apapun), berarti kita patut bersyukur punya ibu yang mengerti dan memahami kita.. dan gue rasa, salah satunya adalah dengan membuat kita tersenyum, saat kita punya ponakan, adek atau bahkan anak.. tersenyum, kalau suatu saat kita bakal mengalami seperti itu juga, dan tersenyum (ini buat yang cowo yah) kalo kita tau ada seorang yang bisa kita percaya. omong-omong, feminis jaman sekarang lebih suka being single and happy yah?
    kasian dong cowo2..hehe

    -d-

    ReplyDelete
  11. hey Min, ur comment on my 'Disinilah Hidup Dimulai' is quite interesting.. Pretty interesting i should say. You know what, we should spend sometime talking to each other. I mean more time, coz i talk to you every now and then. Its a greeting, not talking. okay Asiaworks-gurl??

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...