May 8, 2010

Recent Activity: Quoting, Twittering

Belakangan ini saya punya aktivitas baru: twittering!
Jihihahahahayy.

Maksudnyaaaa, twittering ReadingWalk dong... Oh ya, by the way, sekarang ReadingWalk punya twitter. Silakan lho di-follow di www.twitter.com/readingwalk (jjjahhh, malah promosi).
Mostly, like mooooooooostly, twit-nya adalah quote-quote dari buku.

So, anyway, that's not the story. Cuma intermezzo dan latar belakang cerita saja sekalian promosi. Hihi.
Suatu hari saya mengambil quote dari buku The Time Traveler's Wife. Jujur, saya belum pernah baca buku itu. Bagaimana saya bisa ambil quotenya kalau saya belum baca? Oho, itu soal lain lagi. Pokoknya terima saja quote yang saya twit via ReadingWalk, itu legit kok.

Biarpun belum baca, saya sudah banyak dengar soal buku best-seller ini. Buku ini bercerita tentang sepasang suami istri, Henry dan Clare. Henry memiliki semacam kelainan genetis yang membuatnya unwillingly sewaktu-waktu, di saat tak terduga, time traveling. Buku ini banyak berkisah soal Clare, si istri yang harus menerima sewaktu-waktu ditinggal suaminya.

Ketika membaca quote-quote dari buku ini (bayangkan, hanya quote lho!) entah bagaimana saya ikut terharubiru. Twitter, sayangnya, memiliki keterbatasan karakter sehingga saya harus memilah-milah mana yang bisa saya twit dari sekian banyak quote yang indah dari buku ini. Maka dengan berat hati, beberapa quote tak bisa saya twit karena terlalu panjang. Misalnya yang ini:
Long ago, men went to sea, and women waited for them, standing on the edge of the water, scanning the horizon for the tiny ship. Now I wait for Henry. He vanishes unwillingly, without warning. I wait for him. Each moment that I wait feels like a year, an eternity. Each moment is as slow and transparent as glass. Through each moment I can see infinite moments lined up, waiting. Why has he gone where I cannot follow?


Atau ini:

It's hard being left behind. I wait for Henry, not knowing where he is, wondering if he's okay. It's hard to be the one who stays.

I keep myself busy. Time goes faster that way. I go to sleep alone, and wake up alone. I take walks. I work until I'm tired. I watch the wind play with the trash that's been under the snow al winter. Everything seems simple until you think about it. Why is love intensified by absence?


Atau yang ini:

We are walking down the street holding hands. There is a playground at the end of the block, and I run to the swings and I climb on and Henry takes the one next to me facing the opposite direction. And we swing higher and higher passing each other, sometimes in synch and sometimes streaming past each other so fast that it seems we are going to collide. And we laugh and laugh, and nothing can ever be sad, no one can be lost or dead or far away. Right now we are here and nothing can mar our perfection or steal the joy of this perfect moment.


I've loved the book even before I read it. Hal paling menarik, paling menyenangkan dan paling amazing dari sebuah buku adalah bagaimana buku tersebut bisa mengajak pembacanya menyelami emosi yang sebenarnya sudah kita kenal. Atau dalam bahasa lebih sederhananya, memberi nama pada perasaan yang pernah kita rasakan. Hingga kita bisa bilang, "aah, iya gue ngerti perasaan kayak gini".

Tak hanya pada buku The Time Traveler's Wife, buku-buku Paulo Coelho pun punya banyak banyaaaaaak quote-quote menarik dan inspiratif. Seperti yang ini:

Everything tells me that I am about to make a wrong decision, but making mistakes is just part of life. What does the world want of me? Does it want me to take no risks, to go back to where I came from because I didn't have the courage to say "yes" to life?


Atau yang ini:

There are moments when troubles enter our lives and we can do nothing to avoid them. But they are there for a reason. Only when we have overcome them will we understand why they were there.

Anyway, books are amazing, aren't they?
Well, sebenarnya yang amazing adalah manusia-manusia yang dapat menuliskan kata-kata itu, yang dapat menyampaikan emosi melalui rangkaian kalimat. Buku menjadi amazing karena ia adalah media yang mempertemukan para penulis hebat itu dengan orang-orang seperti saya. :D



PS. Saran dong, sebaiknya twitter ReadingWalk memuat tentang apa ya? Sudah cukup dengan quote seperti saat ini atau ada hal lain yang bisa ditambah ya?

4 comments:

  1. What you've been doing is magnificent, Mamiiiiin =D

    Kalo yang kalimatnya kepanjangan, bisa dipotong gak si Min?? Nanti baru di akhirnya dibilang kalau itu quote dari mana..

    Bisa pake ".." atau "(cont)" atau apa pun lah yg ngasi tau kalau itu bersambung.. =D

    Nanti kalau followernya makin banyak, ajak2 buat ngasih rate ke bukunyaa... hihihi..
    Oh eniwei, just my two cents.

    I'm proud of you. Really. :)

    ReplyDelete
  2. bydewei buswei, do I somehow earn at least two cents from my contract?

    ReplyDelete
  3. @nadya: jijijijijijiji. sudah gue ikuti saran lo! :D

    @sigit: iya git, maaf ya. tapi buku-buku lo belum ada yang pinjam. :(

    ReplyDelete
  4. Anonymous10:42 PM

    Felt "moved" by this post... :-)
    Wah2..(*speechless)

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...