Jun 24, 2006

coz life's not always good, dear...



tau ga?
ternyata ga lulus sebuah mata kuliah itu ga apa2 lho..
ternyata gue masih bisa ketawa ketiwi sana sini. ternyata gue masih bisa ngomong dengan ringannya "OR gue E lho...".
ternyata gue masih bisa senyam senyum ketika sadar kalo sepertinya gue harus menghabiskan paling enggak 5 tahun di kampus ini.
well, reaksinya memang bisa berbeda buat setiap orang. hahaha...

what am i trying to say?
hmm, maksud gue, gagal itu biasa kan?
dulu jamannya SPMB, semua temen2 gue (gue ga termasuk, karena beberapa bulan sebelum SPMB gue udah keterima di ITB. hahaha...) mati2an belajar.
ngomongnya "duh, ga tau deh mau gimana kalo ga lulus SPMB".
tapi, ternyata, setelah mereka ga nemuin nama mereka di koran, life still goes as well.
ternyata pada akhirnya mereka senang2 aja kok kuliah di PTS.

bukannya gagal itu beneran 'ga apa2' yah.. tapi kalo pun setelah kerja keras ternyata tetap ga berhasil, itu bukan akhir dunia kok.

kemaren gue baca di koran, ada 4 orang siswa SMU yang nyoba bunuh diri karena ga lulus UN. padahal katanya mereka termasuk siswa yang pintar dan selalu rangking di sekolah.
entah kenapa sampai terpikir bunuh diri. padahal dunia dan hidup itu kan jauuuuuh lebih besar dan hebat dari Ujian Nasional. mungkin karena pandangan masyarakat tentang orang yang ga lulus ujian artinya bodoh atau pecundang? karena malu? karena ga tau mau ngapain kalo ga sekolah?
ujung2nya, orang tua murid pada demo.

menurut gue sih, standarisasi itu penting. sama aja kayak nglamar kerja. yang ga layak ga akan diterima. dan memang hidup itu seperti itu kan?
bukannya jahat, tapi mau jadi manja terus?
menerima kegagalan memang ga segampang ngomongnya. tapi toh, itu sesuatu yang ga bisa dihindarin kalo mau survive.
kalo pun lulus ujian SMA, masih banyak ujian lain yang mesti dihadapin.
ancaman drop out dari kuliah lah, di-PHK waktu kerja lah, usaha yang bangkrut lah, macem2.

yang bikin anak2 ini ga bisa nerima kegagalannya, mungkin karena sekolah dan yah... siapapun yang berwenang itu, ga nyiapin konseling dari awal.
sejak sebelum ujian misalnya, dikasih konseling atau apa kek tentang psikologis gitu bahwa ga lulus ujian itu bukan akhir dunia.
mungkin dari situ jadi bisa tau potensi yang sebenernya dimana.

Kadang2, manusia mau aja diperbudak sama nilai. kerja keras untuk dapat nilai bagus demi pengakuan. dan kalo gagal, berasa jadi orang paling ga berguna sejagad raya.
padahal kota bukan hanya jakarta, negara bukan hanya Indonesia dan planet bukan hanya Bumi. (halah... wat am i trying to say sih..?? maksudnya 'dunia itu luas jo!!!'... ko endingnya ga oke ya?)

10 comments:

  1. OR apaan si min? bukan olahraga kan *iyalah*, olahraga gw C soalnya.huhu

    ReplyDelete
  2. tapi min, kenapa gua tetep gak bisa terima kenyataan kalo ppkn gua C???

    ReplyDelete
  3. Min, bayangin klo mereka yg berusaha gantung diri karena gak lulus itu:

    - tulang punggung keluarga
    - butuh beasiswa penting tertentu yg menyambung hidupnya
    - butuh kerja cepet2 sehingga butuh lulus cepet2
    - gak punya uang utk ikut les ato tambahan buat UN seperti teman2nya
    - merasa soal Bhs Indo, Bhs Inggris, dan matematikanya sangat berbeda dari biasanya, sehingga dia bingung ngerjainnya
    - dsb

    Contoh, Robert Langdon yg trauma dengan ruang sempit di DaVinci Code. Gw yg nonton sih mikirnya, 'gitu aja kok takut sih, itu kan cuma lift, cuma gudang'
    Tapi sebetulnya yg namanya trauma emang susah disembuhkan.

    Yah, setiap orang berbeda-beda min. No ofens.

    ReplyDelete
  4. Mgkn memang mesti sering2 dapet nilai E (kaya seseorang yang gua kenal - TPBnya aja 2 tahun).

    Jadi begitu dapet E lagi dia udah kebal, udah mati rasa.

    Sekali lagi, ini tentang temen gua loh.

    ReplyDelete
  5. iya, OR apa sih min? gw sempet beberapa jam merasa nelangsa (alah) waktu tau nilai studio gw 8 SKS, C. tapi setelah ngitung2 IP jadi gak gitu nelangsa lagi. hehehe.. gw ngaku, gw emang budak IP..

    ReplyDelete
  6. eh salah bukan C, B!! Kalo C sih udah bukan nelangsa lagi, belingsatan gw.. huhuhu

    ReplyDelete
  7. OR itu operational Research

    terima aja bat... siapa suruh nyolot di kelas... mwahahaha... padahal ppkn gue juga C. [damn!]
    btw, lo gagal cum laude dunk...

    oooh, kalo mid test mah, saiya sudah biasa dapet E ato D... mwahahaha...

    iyah, tiap orang beda2. maka itu, kalo dia memang punya tujuan dalam hidupnya, jangan bunuh diri dunk!
    [haduhh, itu kan dosaaa...]

    oh iya kram,,, gue kenal kok temen lo itu... yang inisialnya 'i' belakangnya 'kram' yah??
    mwahahahaahaha...

    ya olooooh.... B itu kan masih 3 pi!!!
    coba tebak E itu berapa?? NOL... atau NULL dalam bahasa Jerman

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:34 PM

    lo hrs inget, ga semua org bisa menanggapi masalah sebaik dan secerdas lo min...dan bener kata si sigit itu,kita juga hrs liat apa emang mrk cm ngejar nilai doang? ato emg mrk bner2 hrs lulus utk dpt pekerjaan?
    yg pasti utk saat ini hampir mustahil utk melakukan standarisasi nasional, krn lo tau sendiri kualitas dan hak2 yg didapet murid blm setara di indonesia. gmn mgkn lo mo nyamain kualitas sekolah unggulan di jakarta timur dgn SMUN 1 papua (misalnya)???

    ga usah papua, di jakarta aja banyak sekolah yg gurunya asal ngajar... gw uda pernah sekolah di t4 kaya gitu, bahkan toiletpun ga ada airnya, masa mo disamain ma 81???!!!

    lo liat jg daya beli masyarakat,apa semua org punya kemampuan yg sama kaya kita utk beli buku pelajaran yg banyak dan berkualitas? apa pendistribusian buku2 uda rata? apa kualitas guru2nya sama? blm kalo di itung les +an?? apa kita bisa pukul rata? apa sama kualitas n kuantitas waktu belajar seorang pelajar yg paginya sekolah,malamnya bekerja utk biaya sekolah dgn wkt tidur hanya 2 jam tanpa wkt belajar dengan seorang yasmin (ato budi) yg buku persiapan spmbnya memenuhi kamar dan tiap mata pelajaran lebih dari 3 buku,pulang sekolah les,dan istirahat 8 jam sehari, apakah sama? menurut gw sangat jauh kualitas belajarnya!!!!

    kalo pemerintah uda bisa mendistribusikan fasilitas dan buku yg merata serta guru2 yg kualitasnya setara, serta bisa memberikan pendidikan murah (bagus gratis), baru mungkin bisa diberlakukan standarisasi nasional... dan mungkin itu baru bbrp taun di depan...

    jadi lo hrs coba liat banyak sisi di masalah ini, ga cuma masalah malu doang... mrk baru sma, sdangkan lo uda kuliah,lo punya pengalaman yg mgkn lebih, jd lo bisa bilang gpp, tp lo hrs coba liat dari posisi mrk yg sma...

    n jujur aja deh,klo lo msi di 81 n lo ga lulus sendiri,lo jg ga akan nulis kaya gini kan?!!

    cm satu yg gw setuju dari lo, bunuh diri itu haram hukumnya...

    oke min!!! analyze that... dari budi

    ReplyDelete
  9. bener bud, fasilitas dan sistem pendidikan di indonesia emang belum setara. dan mesti ada sistem yang bisa merecover kekurangan itu.

    mungkin bener, beberapa anak sma sekarang adalah 'korban' dari sistem yang masih prematur. tapi gue ga suka ngeliat anak2 'korban' ini bertingkah seperti korban terus2an.
    jelas, mereka punya potensi pastinya. gue lebih suka mereka mengembangkan potensi itu daripada stuck dalam keadaan mengharapkan belas kasihan orang lain. atau berharap demo orang tua mereka akan menyelamatkan mereka.
    toh, yang namanya ujian, pasti ada yang yang ga lulus kan? bukan ujian namanya kalo lulus semua.

    dan menurut gue, bukan dengan dimanja kalo saat ini negara2 seperti jepang, malaysia dan singaore jadi lebih maju dari indonesia.

    yah, fasilitas juga mestinya mencukupi dulu sih..

    gue emang ga pernah ngerasain ga lulus sma. karena itulah, gue mungkin bisa berpikir seperti sekarang. dan gue harap, anak2 yang ga lulus itu juga bisa berpikir lebih luas. nah, daimana mereka bisa dapet masukan kalo bukan dari kita??
    orang2 yang lulus uan ini?

    ReplyDelete
  10. Anonymous1:53 AM

    Anak TI ya? ngambil OR soalnya.. :-)

    Awas syndrom permisif kekalahan (you mean kegagalan). Gw mengalami ini sejak dari smp. Dimana menganggap kekalahan itu biasa. It's not bad..

    Menjadi jelek ketika, kita terlalu akrab dengannya sampai lupa untuk meraih tujuan hidup..

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...