Jul 6, 2009

Sepuluh Anak Negro

Berdasarkan referensi dari beberapa orang, akhirnya saya baca juga buku Sepuluh Anak Negro (And Then There Were None) nya Agatha Christie. Mama sudah punya buku itu sejak jaman dahulu kala namun tidak pernah saya baca. Hingga bukunya hilang.

Singkat cerita, weekend kemarin saya baca tu buku. Tepat seperti kata Ebi, tegang yang menyeramkan. Hingga pada satu bagian, saya sampai pindah dari kamar tidur (sendirian) ke ruang tengah yang ramai karena serem.

Saya bahkan rela tidur bareng adik saya yang baru pulang dari gunung dan belum mandi lantaran saya ogah tidur sendirian di bawah. Sebenarnya sih saya malah belum mau tidur sebelum buku itu selesai saya baca. Takut kebawa mimpi.

Mungkin akibat sugesti dari Ebi yang bilang buku ini serem makanya saya merasa parno sendiri. Mungkin memang ceritanya benar menegangkan. Entahlah.

Ceritanya simpel saja sih, seperti yang banyak ada di komik Conan. Sepuluh orang diundang ke sebuah pulau. Lalu satu demi satu mati. Pembunuhnya ada diantara kesepuluh orang tersebut. Dst.
Tapi tetap saja, karena penceritaan suasana ruangannya, hembusan anginnya, suara langkah kakinya, kecurigaan antar orang, jadinya saya ikut deg-degan.

Lalu ada puisi ini pula:
Sepuluh anak Negro makan malam;
Seorang tersedak tinggal sembilan.
Sembilan anak Negro bergadang jauh malam;
Seorang ketiduran, tinggal delapan.
Delapan anak Negro berkeliling Devon;
Seorang tak mau pulang, tinggal tujuh.
Tujuh anak Negro mengapak kayu;
Seorang terkapak, tinggal enam.
Enam anak Negro bermain sarang lebah;
Seorang tersengat tinggal lima.
Lima anak Negro ke pengadilan;
Seorang ke kedutaan, tinggal empat.
Empat anak Negro pergi ke laut;
Seorang dimakan ikan herring merah, tinggal tiga.
Tiga anak Negro pergi ke kebun binatang;
Seorang diterkam beruang, tinggal dua.
Dua anak Negro duduk berjemur;
Seoranghangus, tinggal satu.
Seorang anak Negro yang sendirian;
Menggantung diri, habislah sudah.
Serem ah.

13 comments:

  1. jadi sepuluh anak negro-nya mati semua? maygad.

    ReplyDelete
  2. @batari: makanya baca baat. seru lhoo.. deg-degan gimanaa gitu. trus jadi pengen liat ke belakang terus. hihihihi.

    @nadya: fufufufufu... baca dong nad. ini ga tebel lhoo.

    ReplyDelete
  3. sigit8:17 AM

    abis gitu baca "guess who's coming to dinner" min..

    ReplyDelete
  4. Anonymous4:40 PM

    hohoho. one of my books. keren kan miiin. detective story without any detective there. :D

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. @sigit: waa.. bukunya siapa tuh git? dari judulnya aja dah sereemmm....

    @ray: hihihi, iya ray. btw, yang gue baca itu buku punya lo loohh.. hehehehe.

    ReplyDelete
  7. sigit8:10 AM

    itu tentang orang negro yang dateng diundang untuk makan malam min. gatau juga ya, gw jg blm baca sih, hehey.

    ReplyDelete
  8. Anonymous10:03 PM

    Ada game PC-nya juga...lebih serem lagi..tapi juga nguras isi otak.

    ReplyDelete
  9. Gana Respati10:32 PM

    yasmin.. itu buku agatha christie favorit akuu.. bagus yaa.. :)

    ReplyDelete
  10. waktu ulangtahun gw ke 16, temen2 deket gw waktu SMA ngasih novel ini sebagai hadiah, terus temen yang lain, ngasih kaset beethoven. dan gw dengan bodohnya, dengerin tuh kaset, sambil baca ini novel, malam jumat, pas lagi hujan gede.

    pas ada satu komposisi yang nyeremin banget, gw sampe kaget2, langsung nutup buku, dan tidur!

    ReplyDelete
  11. @sigit: lha, kok agak ga nyambung git? hehe.

    @anonymous: waduh waduh bayanginnya aja udah seremm...

    @gana: iyaa iyaa. bagus ya ya ya?

    @muthe: wakakakak. dodol lo mut!
    emang temen2 lo sengaja kali!

    ReplyDelete
  12. Anonymous4:40 PM

    @blog owner

    sapa tau punya niatan nonton film nya...

    http://www.youtube.com/view_play_list?p=7A837564C5D5271C

    salam kenal....
    :)

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...