Dec 13, 2009

He's Just Not That Into You


Pada dasarnya, saya bukan orang yang gemar membaca buku-buku self-help. Entah mengapa, tapi yang jelas saya lebih suka buku fiksi.

Pertama saya tahu tentang buku He's Just Not That Into You adalah dari Batari. Beberapa tahun lalu, pernah ada satu masa dimana Bat heboh-heboh ingin membaca buku ini. Katanya dia tahu buku ini dari serial Sex & The City. Entah Bat jadi membaca atau tidak, tapi sejak itulah awal mula saya tahu perihal buku ini.

Beberapa bulan kemarin saya dan Ebi menemukan buku terjemahannya (diberi judul yang lumayan norak: Cintakah Dia Padaku?) di Pasaraya Manggarai. Membaca sinopsis belakangnya memang cukup menarik. Kami pun memutuskan untuk menginvestasikan buku ini, dan satu buku yang lain dari penulis yang sama, sebagai properti ReadingWalk.

Buku hasil kerjasama Greg Behrendt dan Liz Tuccillo ini ternyata lumayan menarik. Bahasanya mengalir hingga saya selesai membacanya kurang dari 1 hari saja. Diselipi joke disana-sini membuat materi buku ini terasa segar. Memang sih, versi aslinya saya rasa lebih bagus lagi, tapi versi terjemahan ini juga tidak jelek kok. Ketika membaca buku non-fiksi, biasanya saya tidak mulai membaca dari halaman 1 hingga akhir, tapi lompat-lompat sesuai judul bab yang saya rasa menarik.

Isu yang diangkat buku ini sebenarnya sudah sangat familiar dengan banyak orang. Pastilah Anda atau teman Anda, pernah yang bermasalah dengan ketidakjelasan orang yang ditaksirnya. Buku ini mencakup beberapa masalah yang mungkin pernah Anda alami, seperti ketika orang yang Anda taksir berat rasa-rasanya sih menanggapi perasaan Anda atau bahkan bilang suka pada Anda, tapi:
Dia nggak pernah mengajak nge-date.
Dia nggak menelepon.
Dia selingkuh.
Dia nggak mau ber-in-a-relationship.
Dia menghilang.
...Dan beberapa hal lain.

Pada buku ini, Behrendt & Tuccillo bertindak seolah mereka adalah teman Anda who slap your face and tell you the fact you've been avoiding to admit: he/she is not that into you. Behrendt & Tuccillo bahkan telah mengantisipasi beberapa excuse yang Anda mungkin buat untuk membela your loved ones, seperti: dia kan sibuk, dia kan punya banyak urusan lain, dia kan baru patah hati, dll. Intinya adalah, yang saya tangkap dari buku ini, kalau seseorang benar-benar into you, dia akan selalu berusaha membuat Anda tahu bahwa Anda disayangi.

Salah satu bagian yang paling saya suka dari buku ini adalah paragraf berikut:
Yang bisa saya lakukan adalah melukiskan apa yang tidak akan Anda temui bila Anda berpacaran dengan pria yang benar-benar serius dengan Anda: Anda tidak akan pernah melihat diri Anda memelototi telepon, berharap-harap agar benda itu berdering, Anda tidak akan pernah melihat diri Anda mengacaukan acara malam hari bersama teman-teman karena Anda mengecek pesan telepon tiap 15 detik sekali. Anda tidak akan pernah melihat Anda membenci diri sendiri karena telah meneleponnya padahal tahu bahwa Anda tidak usah melakukannya.

Meskipun ada beberapa hal yang saya kurang setuju di dalam buku ini, tapi saya rasa buku ini layak baca. Paling tidak untuk hiburan, karena di setiap bab ada 2-3 cerita tentang persoalan hubungan ini yang kemudian ditanggapi Behrendt dengan gayanya yang kocak sekaligus sinis. Percaya atau tidaknya Anda pada nasihat-nasihat Behrendt & Tuccillo, itu sih terserah saja.

6 comments:

  1. yasmin aku kangeeeen.

    i was planning to buy the book but it was too damn expensive.

    coba ya waktu itu sudah ada ReadingWalk :)

    ReplyDelete
  2. iya bat.. aku juga kangeeen!!

    hahaha, cari aja di jepang Bat. Kayanya versi Englishnya lebih bagus deh.
    Atau mana tau di Jepang ada book rental semacam ReadingWalk juga. ;)

    ReplyDelete
  3. jadi pengen baca, hehehe

    thx reviewnya :D

    ReplyDelete
  4. baca... baca... baca dan baca :D

    ReplyDelete
  5. Gue suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka ...... suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka suka .......................

    filmnya. =D

    ReplyDelete
  6. yasmiiiiiiiiiiinnnnnnnn..... *plaaakkkk*

    kocak ya komennya yang kira2 bunyinya "ohh engga.. saya ga menyuruh Anda buat pacaran sama tukang kebun Anda kok"

    ReplyDelete

Humor me. Drop some comment.

The Other Blog

Dear all, This blog is not going to be updated often as I have created another one at www.floresianay.wordpress.com which will be focusi...